UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MIND MAPPING SISWA KELAS VIID SMPN 10 SEMARANG

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MIND MAPPING SISWA KELAS VIID SMPN 10 SEMARANG

 

Puji Lestari Triyatun

SMP Negeri 10 Semarang

Pujilestaritriyatun10@yahoo.com

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas VII D SMP N 10 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 melalui mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hal yang diamati adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran dan keterampilan menulis teks deskriptif. Pelaksanaan setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil melalui pengamatan, tes tulis, jurnal dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dengan kriteria minimal aktivitas 25% pada prasiklus, 53% pada siklus I dan 63% pada siklus II. Keterampilan menulis teks deskriptif tiap siklus juga mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes pada prasiklus 62, siklus I 73 dan siklus II 78. Terjadi peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif pada siklus I sebesar 18% dibandingkan dengan prasiklus, dan peningkatan pada siklus II sebesar 7% dibandingkan dengan siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII D SMP N 10 Semarang.

Kata Kunci: keterampilan, teks deskripsi, mind mapping.