Pro IT Upaya Meningkatkan Kompetensi 4C dalam Matematika di SMP Negeri 10 Semarang Kota Semarang

Miftahudin. 2018. “Pro IT Upaya Meningkatkan Kompetensi 4C dalam Matematika di SMP Negeri 10 Semarang Kota Semarang”. Best Practice. Disajikan dalam Rangka Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Kemendikbud Tahun 2018.

Peningkatan kompetensi 4C bagi siswa mutlak dilakukan. Pembelajaran matematika dengan Pro IT (Proyek dan IT) menggunakan IT di dalam proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas, penilaian dan proyek untuk penugasan di rumah. Karya tulis merupakan pengalaman mengajar yang memberikan gambaran tentang peningkatan kompetensi 4C dengan Pro IT dan hasil atau dampak. Hasil dari pembelajaran adalah peningkatan kompetensi Communication sebesar 25% pada tahun 2016/2017 dari tahun 2014/2015 dan 43% dari tahun 2015/2016. Peningkatan kompetensi Collaboration sebesar 50% pada tahun 2016/2017 dari tahun 2014/2015 dan 25%  dari tahun 2015/2016. Peningkatan kompetensi Critical Thinking sebesar 80% pada tahun 2016/2017 dari tahun 2014/2015 dan 80% dari tahun 2015/2016. Peningkatan kompetensi Creativity sebesar 143% pada tahun 2016/2017 dari tahun 2014/2015 dan 83% dari tahun 2015/2016. Dampak pembelajaran  Pro IT adalah tumbuhnya sikap percaya diri siswa, muncul siswa yang ingin bekerja sebagai arsitek, sebagai inspirasi bagi guru lain dalam mengajar, guru seni budaya dapat ikut mengambil penilaian dan terjalinnya hubungan yang baik diantara para orang tua siswa. Direkomendasikan guru perlu melakukan pembelajaran dengan Pro IT, kepala sekolah perlu memfasilitasi prasarana yang berkaitan dengan IT, dan dinas pendidikan perlu menyebarluaskan hasil kegiatan agar lebih bermakna.

 

Kata Kunci: Pro IT, Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity.